Monday, August 25, 2014

Penataan Meja Makan

Penataan Meja Makan



 

Penataan meja makan di hotel dan restoran memiliki standar. Baik jenis alat makan maupun napkin. Ukuran napkin setandar jamuan resmi yang disarankan untuk hotel dan restoran adalah 45 x 45 cm sampai dengan 50 x 50 cm. Adapun peletakan napkin biasanya diletakan di atas dinner plate atau piring makan. Adakalanya, napkin diletakkan disebelah kiri piring makan. Berikut table setting atau peletakan alat makan standar.

Keterangan Gambar:

  1. Place mate
  2. Garpu salad
  3. Dinner fork (Garpu makan)
  4. Show plate (Tatakan piring)
  5. Dinner plate (Piring makan)
  6. Napkin (Serbet)
  7. Cup soup (Mangkuk Sup)
  8. Dinner spoon (Sendok makan)
  9. Pisau salad
  10. Soup spoon (Sendok sop)
  11. Dessert spoon (Pisau untuk makanan penutup)
  12. Tea spoon (Sendok teh)
  13. Water goblet (Gelas Piala)
  14. wine glass (Gelas anggur)
  15. Sugar and tea bowl (Gula dan Mangkuk teh) 
  16. Salt & pepper shaker (Garam dan merica) 
  17. Jam & Marmalade bowl (Selai dan mangkuk marmalade) 
  18. Butter spreader (Olesan mentega) 
  19. B&B plate (Tempat roti dan mentega) 
  20. Tea & coffee cup (Gelas teh dan kopi) 
Cara menata meja makan

Menata meja makan adalah sebuah pekerjaan yang terkesan sepele namun ternyata tidak semua wanita bisa melakukannya. Terkadang kita tidak begitu memperhatikan bagaimana kenyamanan suami kita beserta tamunya dalam menyantap makanan yang kita sajikan, berkaitan dengan tata letak peralatan yang sudah kita siapkan sebelumnya.

  • Dinner plaate, salad plate dan serbet di tengah, bertumpuk. Garpu salad dan besar disebelah kiri. Pada sisi kanan diletakan pisau makan dan sendok sup. Diatas piring diletakan sendok puding dan garpu kecil. 
  • Gelas wine dan air mineral diletakan di atas jajaran pisau makan, jika ada menu dessert, baik piring dan garpunya diletakan diatas jajaran garpu salad. 
  • Biasanya kalau makan malam, gelas yang dipakai tidak hanya satu, karena itu letakkan disisi atas kanan sehingga bisa menampung paling tidak tiga gelas, masing-masing dengan keperluan yang berbeda-beda. 
  • Untuk menambahkan keindahan atau estetika, dapat tambahkan bunga dan lilin, tapi jangan sampai membuat meja kelihatan penuh akan mengurangi selera makan karena terlalu sempit. 
  • Yang paling penting keluarkan alat-alat makanan tersebut berdasarkan menu makanan yang akan anda sajikan buat tamu, sehingga setiap alat yang anda letakan dimeja makan, berfunsi dipakai dan tidak buat tamu yang dijamu bingung dan repot dimeja makan karena semuanya telah tersedia


 

 

1 comment:

  1. Kalau ditata menggunakan display yang dijual para pen jual display cooler lebih mearik kali ya gan. Apalagi buat yang punya toko :D

    ReplyDelete