Monday, August 25, 2014

Bazar dan Pameran

Bazar dan Pameran

1. Bazar



A. Pengertian Bazar
Bazar adalah suatu kegiatan yang dibuat berdasarkan kepanitian yang memenuhi syarat dengan pembagian tugas sesuai dengan sumber daya yang ada. Bazar biasanya dilakukan pelaksanaannya pada saat menghadapi hari-hari besar nasional sebagai suatu event, insidentil atau rutinitas tiap tahun. Dengan dekorasi pameran dan bazaar yang menarik bisa menarik pengunjung.

B. Jenis-jenis dan Macam-macam Bazar
  • Bazar Makanan
  • Bazar Pakaian
  • Bazar Barang-barang Kerajinan
  • Dan lain-lain
C. Tata Cara dan Pelaksanaan Bazar
1. Pembentukan panitia
2. Kesekretariatan panitia dan seluruh fasilitas yang ada (termasuk izin-izin)
3. Pembuatan proposal untuk pihak-pihak terkait dan sponsor / donator sebagai pendukung acara bazar tersebut
4. Setelah rencana kegiatan bazar tersebut didukung oleh pihak-pihak yang terkait dan pihak-pihak sponsor/donator, untuk pihak sponsor menyiapkan produksi barang-barang buatan asli Indonesia maupun produksi barang-barang dari luar Indonesia dan khusus sponsor yang mendukung bantuan dana / uang untuk biaya acara bazar maka panitia bazar harus melakukan persiapan-persiapan sesuai tugas masing-masing. Bagian-bagian yang bertanggungjawab sampai dengan acara pembukaan bazar yang sudah ditentukan dalam rencana kerja pada tanggal dan bulan serta tahunnya hingga acara penutupan bazar selesai. Dan setelah itu juga perlu adanya dekorasi pameran/bazaar untuk menarik pengunjung.
5. Bahwa panita acara bazar tersebut sudah selesai dan dinilai dengan hasil apapun harus membuat laporan pertanggungjawaban.
Mulai dari panitia seluruh bagian sampai kepada ketua panitia acara bazar tersebut untuk langsung dilaporkan kepada yang terkait di organisasi maupun laporan pertanggungjawaban kepada pihak-pihak pendukung dari sponsor-sponsor / donator perusahaan produksi barang-barang dan sumbangan dana serta perorangan sebagai donatur.
Sukses atau tidaknya suatu organisasi dengan dibentuknya kepanitian acara kegiatan bazar tergantung dari mulainya persiapan sampai dengan selesainya acara penutupan bazar tersebut baru ada suatu ukuran penilaian hasil dengan kriteria sebagai berikut :
a. Nilai dan Visi acara bazar
b. Misi acara bazar
c. Aturan acara bazar
d. Profesionalisme kepanitian bazar
e. Insentif untuk panitia bazar
f. Sumber daya panitia bazar
g. Rencana kerja acara bazar
Umumnya kepanitiaan acara bazar tersebut diatas salah satu kriteria / ukuran nilai tidak memenuhi maka organisasi yang melakukan pembentukan kepanitian acara kegiatan bazar tersebut diatas dengan hasil kurang memenuhi syarat dan harus diteliti / di evaluasi agar kegiatan bazar yang akan datang berorientasi hasil memuaskan.

  
2. Pameran

A. Pengertian Pameran
Pameran adalah suatu kegiatan penyajian karya seni rupa untuk dikomunikasikan sehingga dapat diapresiasi oleh masyarakat luas. Pameran merupakan suatu bentuk dalam usaha jasa pertemuan. Yang mempertemukan antara produsen dan pembeli namun pengertian pameran lebih jauh adalah suatu kegiatan promosi yang dilakukan oleh suatu produsen, kelompok, organisasi, perkumpulan tertentu dalam bentuk menampilkan display produk kepada calon relasi atau pembeli.
 
B. Jenis-jenis dan Macam-macam Pameran
 
a. Pameran Tetap (Permanent Exhibition) adalah Pameran yang menyajikan karya-karya koleksi Galeri Nasional Indonesia secara periodik yang ditata berdasarkan konsep kuratorial dan diselenggarakan oleh Galeri Nasional Indonesia. Waktu penyelenggraan Pameran Tetap berlangsung minimal 1 kali dalam satu tahun

b. Pameran Temporer (Temporary Exhibition) adalah Pameran tunggal atau pameran bersama yang menyajikan karya-karya seni rupa dalam jangka waktu tertentu yang diselenggarakan oleh Galeri Nasional Indonesia atau kerjasama dengan pihak lain. Waktu penyelenggaraan Pameran Temporer berlangsung minimal selama 10 hari, maksimal berlangsung selama 30 hari.

c. Pameran Keliling (Traveling Exhibition) adalah Pameran yang menyajikan karya-karya koleksi Galeri Nasional Indonesia maupun karya di luar koleksi Galeri Nasional Indonesia ke berbagai daerah di Indonesia dan atau di luar negeri yang diselenggarakan oleh Galeri Nasional Indonesia atau kerjasama dengan pihak lain. Waktu penyelenggaraan Pameran Keliling minimal berlangsung selama 10 hari. 

C. Tata Cara dan Pelaksanaan Pameran
 
1. Pembentukan Panitia. 
2. Membuat perencanaan pameran. 
3. Pembuatan proposal untuk meminta izin untuk menggelar pameran. 
4. Membuat laporan pertanggungjawaban acara. 
5. Penataan tempat pameran, meliputi :

A. Perencanaan Pameran :
  • Pembuatan Denah Ruang 
  • Penataan Karya atau Penampilan 
  • Seleksi Karya  
  • Penataan Ruang atau Tempat
B. Perlengkapan Pameran : 
  • Karya Seni
  • Dekorasi/tata ruang 
  • Meubeler 
  • Sound system 
  • Tempat/Ruang
  • Buku Katalog 
  • Tempat Display 
  • Buku Tamu dan buku Kesan/Pesan
D. Tujuan Pameran 
  1. Menawarkan karya-karya kepada masyarakat\
  2. Berkomunikasi dengan masyarakat
  3. Memberi informasi kepada masyarakat
  4. Melatih masyarakat untuk mengapresiasi

 

10 comments:

  1. http://jualsewapartisipanelna.blogspot.co.id/
    http://standpamerangoodnews.blogspot.co.id/
    http://partisipameranayu.blogspot.co.id
    http://partisipanelphoto.blogspot.co.id/
    https://sewapartisipameran1.blogspot.co.id
    http://sewapartisipamerangntec.blogspot.co.id/
    http://partisipameran2.wordpress.com
    http://partisipameran-gntec.blogspot.co.id
    http://sewapartisiindonesia.blogspot.co.id

    ReplyDelete