Friday, August 22, 2014

Komputer dan Perangkat-Perangkatnya

Definisi Komputer


Komputer adalah suatu alat teknologi yang dijalankan oleh sistem operasi yang mempunyai banyak aplikasi, seperti pengolah kata, pengolah angka, dan pengolah grafik yang berfungsi untuk memudahkan pekerjaan manusia. 

Bagian Perangkat-Perangkat Komputer
1. Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat keras komputer (computer hardware) adalah komponen-komponen fisik yang membentuk satu kesatuan sistem Personal Computer (PC).   
  • Berdasarkan Fungsinya Hardware dibagi atas :
1. Input Device
Input Device adalah unit yang berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar kedalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.
Contoh : Keyboard, Scanner, Mouse, Trackball, Digitizer, Kamera, Mic dan lain-lain.
 
 2. Process Device
Process Device yang berada dalam komputer adalah Central Processing Unit (CPU). CPU merupakan otak atau pengatur suatu sistem yang mengolah sehingga menghasilkan informasi.
 
3. Output Device
Output device adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan suatu keluaran seperti gambar, kertas (hardcopy), suara, dll.
Contoh : Monitor, Printer, Plotter, Speaker dan lain-lain.
 
 2. Perangkat Lunak (Software)
Perangkat Lunak (software) adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer (Kamus Besar Bahasa Indonesia).

Perangkat Lunak Terdiri atas :
a. Operasi Sistem
Perangkat lunak (software) sistem yang bertugas melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar dari suatu sistem Komputer.  
Contoh : Windows, Linux, Unix, dan Lain-lain.
b. Pengolah Kata
perangkat lunak yang dirancang khusus untuk mengolah kata. - See more at: http://tipsdankabar.blogspot.com/2013/01/pengertian-aplikasi-pengolah-kata-word.html#sthash.Bqe7MBjz.dpuf
perangkat lunak yang dirancang khusus untuk mengolah kata. - See more at: http://tipsdankabar.blogspot.com/2013/01/pengertian-aplikasi-pengolah-kata-word.html#sthash.Bqe7MBjz.dpuf
Suatu aplikasi komputer yang digunakan untuk produksi (termasuk penyusunan, penyuntingan, pemformatan, dan kadang pencetakan) segala jenis bahan yang dapat dicetak.
Contoh : Microsoft Word, Open Office Writer, Lotus Word Pro, Star Office Writer, dan Lain-lain.
c. Pengolah Angka
Program yang difungsikan untuk mengolah data berupa angka. Kemampuan aplikasi ini, antara lain: pembuatan tabel data, pengolahan data dengan melibatkan penggunaan rumus, grafik, database, dan Iain-Iain. 
Contoh : Microsoft Excel, Lotus 1-2-3, dan Lain-lain.
d. Program aplikasi lainnya.
 


No comments:

Post a Comment