Friday, October 30, 2015

Istilah dalam Basis Data/Database

SQL
Saya jamin bagi semua yang sedang membaca artikel ini pasti pernah mendengar istilah SQL atau Structured Query Language, SQL itu merupakan suatu bahasa (language) yang digunakan untuk mengakses database. Selain SQL pasti juga banyak yang pernah dengar Query, sebenarnya SQL itu sendiri sering disebut dengan Query.
Database management system (DBMS) 
DBMS merupakan suatu sistem software yang memungkinkan seorang user dapat mendefinisikan, membuat, dan memelihara serta menyediakan akses terkontrol terhadap data, nah ini penting, kalau tidak mengetahui DBMS, gimana anda dapat membuat dan mengakses basis data?
1. Table 
Sebuah tabel merupakan kumpulan data (nilai) yang diorganisasikan ke dalam baris (record) dan kolom (field). Masing-masing kolom memiliki nama - nama tersendiri, Inilah bentuk basis data nantinya yang sistematik tersusun secara rapi dalam bentuk table.
2. Field
Field merupakan kolom - kolom yang terdapat dalam table, jadi disitulah data data akan tertulis, selain itu Field memiliki ukuran type data tertentu yang menentukan bagaimana data nantinya tersimpan.
3. Record / Tuple
Record adalah kumpulan elemen atau kategori yang saling berkaitan dan menginformasikan tentang suatu entity secara lengkap. Contohnya NIM, Nama Mahasiswa, Alamat Mahasiswa, Tempat / Tanggal Lahir Mahasiswa.
4. Key
Key merupakan suatu field yang dapat dijadikan kunci dalam operasi tabel. Dalam konsep database, key memiliki banyak jenis diantaranya Primary Key, Foreign Key, Composite Key, dll.
5. Primary Key
Seperti namanya, Primary Key merupakan atribut yang dapat membedakan setiap baris data yang berdasarkan pada Primary Key itu sendiri, Primary Key bersifat unik, atau tersendiri, sehingga suatu tabel hanya boleh memiliki satu Primary Key dan tidak diizinkan Null (Kosong), biasanya Primary Key digunakan sebagai Kode Produk, NIM, NIS, dsb.
6. Foreign Key
Foreign Key adalah kolom yang diambil dari Primary Key tabel lain(tetapi bukan Primary Key table ini) dan menunjukkan hubungan antar dua table tersebut. Contoh : ada tabel A dan tabel B, tabel A memiliki Primary Key NIM, sedangkan tabel B memiliki Primary Key ID Mata Kuliah, dan pada tabel A memiliki kolom Nama Mahasiswa dan ID Matakuliah yang merupakan Primary Key pada tabel B, kolom tersebut disebut Foreign Key.
7. Super Key
Satu atribut / kumpulan atribut yang secara unik / sendiri mengidentifikasi sebuah tuple di dalam relasi, contohnya ada NIM, Mata Kuliah, SKS, dan Nilai. NIM dan Mata Kuliah adalah Super Key karena masing - masing NIM dan Mata Kuliah itu beda , SKS dan Nilai bukanlah Super Key, karena SKS dan Nilai pada beberapa mata kuliah bisa jadi sama. Tetapi apabila NIM, Mata Kuliah, SKS, dan Nilai dikombinasikan akan menjadi Super Key karena akan bernilai beda, karena kombinasi selanjutnya akan beda dengan kombinasi sebelumnya.
8. Candidate Key
Candidate key disebut juga dengan minimal super key, yaitu super key yang tidak mengandung super key yang lain. Setiap candidate key pasti merupakan super key, namun tidak semua super key akan menjadi candidate key. Contohnya adalah NIM pada Super Key di atas, kecuali yang dikombinasikan karena mengandung super key lain.
9. Alternate Key
Merupakan candidate key yang tidak dipakai sebagai primary key atau Candidate key yang tidak dipilih sebagai primary key.
10. Data Value
Merupakan data aktual atau infomasi yang disimpan ditiap data elemen. Isi atribut disebut nilai data. Contohnya adalah atribut Nama Mahasiswa, dan data valuenya adalah Budi, Andi, Dodi.
11. Entity
Entity adalah orang, tempat, kejadian atau konsep yang informasinya direkam. Contohnya, Nama Mahasiswa, Matakuliah, SKS, Dosen.
12. Relasi
Relasi merupakan sebuah tabel yang terdiri dari beberapa kolom dan beberapa baris. Relasi menunjukkan adanya hubungan diantara sejumlah entitas yang berasal dari himpunan entitas yang berbeda.
13. Attribute
Atribut merupakan kolom pada sebuah relasi. Setiap entitas pasti memiliki aribut yang mendeskripsikan karakter dari entitas tersebut. Penentuan atau pemilihan atribut-atribut yang relevan bagi sebuah entitas merupakan hal penting dalam pembentukan model data.
14. Cardinality
Jumlah Tuple dalam sebuah relasi
15. Degree
Jumlah Atribut dalam sebuah relasi
16. Null
Nilai suatu atribut yang tidak diketahui atau yang belum siap diisi, dengan NULL, suatu kolom diizinkan untuk tidak diisi atau dibiarkan kosong
17. Index
Field lain yang digunakan untuk mengurutkan Record pada DataBase (dapat Primary atau Secondary Index)
18. File
Merupakan kumpulan record-record sejenis yang mempunyai panjang elemen yang sama, atribute yang sama, namun berbeda-beda data valuenya.
19. Replikasi / Duplikasi
Dalam pembuata Database kita bisa juga menyalin dan mendistribusikan data dari satu database ke database yang lain.
20. Normalisasi
Normalisasi  merupakan suatu pendekatan sistematis untuk meminimalkan redundansi data pada suatu database agar database tersebut dapat bekerja dengan optimal.
21. Redudansi
Redundansi data adalah duplikasi data dalam beberapa file data sehingga data yang sama di simpan di dalam lebih dari 1 lokasi.

No comments:

Post a Comment