Thursday, January 8, 2015

Organisasi dan Arsitektur Komputer


Pengantar Organisasi dan Arsitektur Komputer
    
Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh organisasionalnya adalah teknologi hardware, perangkat antar muka, teknologi memori, dan sinyal-sinyal kontrol. Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Dan juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer.

Arsitektur Komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). 


Contoh atribut arsitektural adalah : 

  • set instruksi
  • representasi data atau jumlah bit yang digunakan untuk merepresentasikan jenis data (missal:bilangan, karakter, dll)
  • Mekanisme input/output (I/O)
  • Teknik Pengalamatan memori
Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing-masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan berkerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, dll. 

Perbedaan Utama 

Organisasi Komputer
  • Bagian yang terkait erat dengan unit–unit operasional.
  • Contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol
Arsitektur Komputer  


  • atribut–atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer.
  • Contoh: set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.

Struktur Sistem Komputer Von Neumann
Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama, yaitu :

  • Memori Utama, untuk menyimpan data maupun instruksi.
  • Arithmetic Logic Unit (ALU), untuk mengolah data binner.
  • Control Unit, untuk melakukan interpretasi instruksi – instruksi di dalam memori, sehingga adanya eksekusi instruksi tersebut.
  • I/O, untuk berinteraksi dengan lingkungan luar.


Cara kerja model Von Neumann.
  • Main memory menyimpan data dan program
  • BUS mentransfer data, alamat dan mengontrol signal. Baik itu dari atau ke memory maupun dari atau ke perangkat lainnya.
  • Control Unit menangkap intruksi dan mengeksekusinya.
  • ALU (Arithmetic Logic Unit) melakukan operasi (menambah, mengurangi, dll)
  • Register 9Fast Memory) menyimpan hasil sementara dan informasi kontrol (alamat instruksi berikutnya).
  • Perangkat I/O menjadi tepat penghubung antara user dan komputer

1 comment: